komunikasi bisnis


KOMUNIKASI BISNIS

A.     Pengertian
a.    Pengertian Komunikasi
Komunikasi berasal dari bahasa latin “ communis “ yang artinya bersama. Dalam kamus, Komunikasi merupakan ungkapan seperti berbagi informasi atau pengetahuan, memberi gagasan atau bertukar pikiran, informasi atau sejenisnya.
Menurut William C. Himstreet dan Wayne Murlin Baty, komunikasi berarti suatu proses pertukaran informasi antar individu melalui sistem yang biasa (lazim digunakan) baik dengan simbol-simbol, sinyal-sinyal, maupun dengan perilaku atau tindakan [1].
Menurut Herbert T, mengemukakan bahwa “Communication is the process by which meaning or knowledge is transfered from one person to another, usually for the purpose of obtaining some spesific goal.” Komunikasi adalah proses mentransfer pengetahuan atau makna untuk mencapai tujuan tertentu [3].
Sehingga Komunikasi dapat diartikan sebagai transfer informasi atau pesan dari pengirim pesan (komunikator) ke penerima pesan (komunikan). Dengan maksud bahwa proses tersebut bertujuan untuk mencapai saling pengertian.
b.    Pengertian Bisnis
Bisnis dalam kamus Bahasa Indonesia diartikan sebagai perniagaan, perdagangan ataupun dagang.
Bisnis merupakan kegiatan sistem ekonomi yang diarahkan pada manajemen dan distribusi hasil industri dan jasa profesional yang mendatangkan keuntungan (panuju). Selain itu, bisnis merupakan kegiatan organisasi yang dilakukan oleh sekolompok orang yang beraturan dan proses yang dilakukan bersama-sama untuk mencapai tujuan organisasi (andrews and andrews) [4].
Jadi dapat disimpulkan bahwa bisnis adalah kegiatan sistem ekonomi yang diarahkan pada manajemen dan distribusi hasil industri dan jasa profesional yang mendatangkan keuntungan.
c.    Pengertian Komunikasi Bisnis
Komunikasi bisnis adalah setiap komunikasi yang digunakan untuk membangun partnerships, sumber daya intelektual, untuk mempromosikan satu gagasan; suatu produk; servis; atau suatu organisasi, dengan sasaran untuk menciptakan nilai bagi bisnis yang dijalankan. Komunikasi Bisnis meliputi pengetahuan yang menyeluruh dari sisi internal dan eksternal bisnis tersebut. Komunikasi yang internal termasuk komunikasi visi (perseroan/perusahaan), strategi, rencana-rencana, kultur/budaya perusahaan, nilai-nilai dan prinsip dasar yang terdapat di perusahaan, motivasi karyawan, serta gagasan-gagasan, dll. Komunikasi eksternal termasuk merek, pemasaran, iklan, hubungan pelanggan, humas, hubungan-hubungan media, negosiasi-negosiasi bisnis, dll. Bagaimanapun bentuknya, semua hal tersebut memiliki tujuan yang sama, yaitu menciptakan suatu nilai bisnis (create business value).

Komunikasi bisnis adalah komunikasi yang digunakan dalam dunia bisnis yang mencakup berbagai macam bentuk komunikasi baik komunikasi verbal maupun nonverbal.

Komunikasi bisnis berbeda dengan komunikasi antar pribadi maupun komunikasi lintas budaya. Komunikasi antar pribadi (interpersonal communications) merupakan bentuk komunikasi yang lazim dijumpai dalam kehidupan sehari-hariantara dua orang atau lebih untuk mencapai tujuan tertentu. Sedangkan komunikasi lintas budaya (intercultural/communication) merupakan bentuk komunikasi yang dilakukan antara dua orang atau lebih, yang masing-masing memiliki budaya yang berbeda.

Jadi dapat disimpulkan bahwa Komunikasi Bisnis adalah suatu proses pertukaran pesan atau informasi untuk mencapai efektivitas dan efisiensi produk kerja di dalam struktur dan sistem organisasi. Dalam kegiatan komunikasi bisnis, pesan hendaknya tidak hanya sekedar informatif tetapi juga haruslah Persuasif, agar pihak lain bersedia menerima suatu paham atau keyakinan atau melakukan suatu perbuatan atau kegiatan.

B.     Unsur-unsur
Dalam komunikasi bisnis terdapat enam unsur pokok, yaitu: 
1. Memiliki tujuan, artinya komunikasi bisnis harus memiliki tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya sejalan dengan tujuan organisasi.
2. Pertukaran, dalam hal ini melibatkan paling tidak dua orang atau lebih yakni komunikator dan komunikan.
3. Gagasan, opini, informasi, instruksi merupakan isi dari pesan yang bentuknya beragam tergantung tujuan, situasi, dan kondisinya.
4. Menggunakan saluran personal atau impersonal yang mungkin bersifat tatap muka, menggunakan media tertentu atau melalui media yang menjangkau jutaan orang secara bersamaan.
5. Meggunakan simbol atau sinyal yang merupakan alat atau metode yang dapat dimengerti atau dipahami oleh penerima untuk menyampaikan pesan.
6. Pencapaian tujuan organisasi: salah satu karakteristik yang membedakan organisasi atau lembaga formal dari informasi adalah adanya tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya oleh manajemen.

Ada lima komponen penting untuk diperhatikan dalam proses komunikasi, yaitu :
1. Pengirim pesan (sender atau komunikator)
2. Pesan yang dikirimkan (message)
3. Bagaimana pesan tersebut disampaikan (delivery channel atau media)
4. Penerima pesan (receiver atau komunikan); dan
5. Umpan balik (feedback) atau effect

C.     Tujuan
Komunikasi Bisnis diperlukan untuk menyampaikan informasi dalam dunia bisnis dengan cara berkomunikasi baik secara verbal maupun non verbal. Dalam sebuah organisasi, komunikasi bisnis diperlukan untuk memberikan instruksi kerja, memimpin dan menghadiri rapat, mewawancarai calon karyawan, menulis surat, melakukan presentasi bisnis hingga menyusun laporan bisnis.
Dan hampir 70 % kegiatan-kegiatan tersebut dilakukan oleh staf-staf organisasi setiap harinya. Sehingga dapat dikatakan bahwa komunikasi bisnis menunjang kesusksesan sebuah usaha bisnis.
Tujuan dari Komunikasi Bisnis ada 3 yaitu:
1. Memberikan informasi penting
2. Melakukan kolaborasi dengan audience atau penerima pesan (komunikanikan)
3. Persuasi

Apa manfaat dari komunikasi bisnis?
Manfaat komunikasi bisnis antara lain :
Secara Internal 
1.    Dapat meningkatkan kemampuan komunikasi secara efektif untuk menunjang karir perusahaan 
2.  Meningkatkan komunikasi yang efektif diantara staf organisasi, baik dengan pihak pimpinan    maupun bawahan.

Secara Eksternal
1.   Komunikasi yang dilakukan dengan pihak ketiga akan akan membawa dampak positif dalam keberhasilan usaha bisnis. 
2. Keberhasilan dalam membangun sebuah citra perusahaan di mata masyarakat.

D.    Contoh Komunikasi Bisnis 
1.    Perusahaan pada konsumen
Salah satu contohnya adalah perusahaan menyebarkan iklan agar produk perusahaan dikenal

 

2.    Perusahaan pada pemerintah
            Salah satu contohnya perusahaan memberi surat banding untuk ketetapan pajak
Image result for contoh surat pajak pada perusahaan
3.    Perusahaan pada supplier
            Salah satu contohnya adalah penawaran barang.
 Contoh surat penawaran harga barang
4.    Perusahaan pada investor
            Salah satu contohnya adalah surat kerjasama  

 Related image
5.    Perusahaan pada SDM
           Salah satunya adalah surat peringatan terhadap karyawan
Image result for contoh surat peringatan pada karyawan 
Daftar pustaka  
https://edudetik.blogspot.co.id/2013/11/makalah-komunikasi-bisnis.html
http://www.ilmu-ekonomi-id.com/2017/04/pengertian-tujuan-dan-unsur-unsur-komunikasi-bisnis.html
http://bali.tribunnews.com/2017/07/12/mi-instan-asli-indonesia-mendunia-tapi-8-fakta-di-baliknya-ini-belum-banyak-yang-tahu
https://www.slideshare.net/zakaaditya/surat-banding-zaka-firma-8111410061pajak-rombel-1 
http://rocketmanajemen.com/surat-penawaran-harga-barang/
https://www.scribd.com/document/331013804/Contoh-Surat-Peringatan-Kerja-SP-1-2-3
https://www.scribd.com/doc/111427423/Contoh-Proposal-Prudential 

Nama: Putri S Hutabarat
Kelas: 2DF02ko



Komentar

Postingan populer dari blog ini

MENGUPAS KONSEP AIDA+ S

Dividen, Saldo Laba, dan Laporan Saldo

ilmu Komunikasi